Rabu, 27 April 2011

RANGKUMAN dari VCD NETWORK

Disk 1 : cara membuat suatu jaringan kabel dan nirkabel atau wireles.
        Jaringan kabel, peralatan atau bahan yang dibutuhkan adalah beberapa buah komputer yang akan digunakan sebagai server dan workstation, switch/hub, kartu jaringan (land card), kabel jaringan.
        Perlu diperhatikan bahwa terkadang kita harus merangkai sendiri kabel jaringan, jadi kita harus menghubungkan kabel dengan konektornya. Setelah terhubung, terlebih dahulu kita test kabel jaringan tersebut dengan menggunakan multi tester. Bila semua lampu menyala dengan berurutan maka kabel yang kita rangkai sudah benar.
       Memasang kartu jaringan, periksa kartu jaringan kita, apakah sudah terhubung ke komputer. Yaitu dengan cara melihat di windows, dan jangan lupa mengunstal driver yang dibutuhkan untuk jaringan tersebut.Apabila kabel jaringan sudah terhubung dengan komputer, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan stiap komponen yang diperlukan dalam sebuah jaringan, misalnya kabel ke port switch.
       Selanjutnya adalah penginstalan driver atau seting network. Dalam sebuah jaringan, agar lebih mudah kita hanya membutuhkan satu protokol, yaitu protokol TCP/IP. Selanjutnya adalah Penyetingan ethernet card, caranya klik kanan dalam ethernetcard lalu pilih properties, lalu pilih internet protocol (TCP/IP). Lalu seting TCP/IP . ip setiap komputer tidak boleh sama. Dan subnetmasknya harus sama.
        Untuk melihat apakah komputer kita sudah terhubung atau terkoneksi di dalam jaringan ini, kita bisa melihatnya di my network places. Dalam share, kita bisa membagi data atupun informasi dari suatu komputer ke komputer lain.

Disk 2 : Membangun Jaringan nirkabel
        Dalam wireles, tidak akan di pusingkan lagi dengan pemasangan kabel dan penempatan komputer, jadi bisa d mana saja. Ada dua macam jaringan yaitu ad hoc dan infrastructure wireles lan. Yang sering digunakan adalah infrastructure wireles lan. Langkah pembuatannya hampir sama dengan cara membuat jaringan dengan menggunakan kabel. Yang membedakannya adalah dimana koneksi tersebut dibuat. Struktur yang dipakai adalah infrastruktur wireles lan. Cara menginstal wireles network adalah sebagai berikut, prtama tama kita cari dimana kita menyimpan posisi driver wirelesnya. Yang kita gunakan adalah EZ wireles lan. Kamunikasi yang akan dilakukan adalah satu komputer yang menggunakan kartu jaringan biasa dan satu komputer yang menggunakan kartu wireles lan. Yang dihubungkan dengan acces point. Seting konfigurasi wireles tersebut sangatlah mudah, tidak jauh berbeda dengan jaringan menggunakan kabel. Konfigurasinnya, model : infrastructure, ssid:any, rate:fully automatic



Tidak ada komentar:

Posting Komentar