Senin, 04 April 2011

Memasang Kabel UTP LAN untuk jaringan komputer

Alat & Bahan :

- Kabel UTP 5 Meter
- Konektor RJ-45 10 Buah
- LAN Tester
- Crimping Tool
- HUB/Switch
















Deskripsi :

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, salah satu tipe jaringan yang menggunakan LAN Card diperlukan kabel penghubung yaitu kabel UTP. Pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross.

1. Tipe straight
Tipe ini digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Standar urutannya (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan ) :
Putih oranye - oranye - putih hijau - biru - putih biru - hijau - putih coklat - coklat .















2. Tipe cross
Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Standar urutannya :
Ujung pertama: Putih oranye - oranye - putih hijau - biru - putih biru - hijau - putih coklat - coklat.
Ujung kedua : Putih hijau - hijau - putih oranye - biru -putih biru - oranye - putih coklat - coklat.















Cara Memasang:
Waktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya kemudian diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Masukan kabel ke konektor lalu ditekan (pressed) dengan menggunakan crimp tool, sebenarnya saat itu pin yang ada di konektor menembus sampai ke dalam kabel. Perhatikan, agar penekannya (pressing) yang keras, karena jika tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus ke dalam isolasi kabelnya. Jika sudah kemudian Anda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah.

Kesimpulan :
Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Sedangkan untuk tipe cross adalah untuk client langsung terhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar